Kekuatan Protein bagi Tubuh - @mayzulaikha

Kekuatan Protein bagi Tubuh. Menurut @mayzulaikha untuk bisa mendapatkan postur tubuh yang ideal dia harus mengkonsumsi lebih banyak protein daripada sumber energi lainnya yang sudah umum yaitu karbohidrat. Benarkah? Entahlah, tapi menurut kabar yang kami langsir dari situs Kesehatan Wanita disebutkan bahwa makanan berprotein tinggi membutuhkan lebih banyak usaha untuk dapat di cerna, di metabolisme dan di gunakan oleh tubuh yang artinya anda membutuhkan lebih banyak energi untuk memprosesnya.  Hampir semua bahan pangan mengandung protein, untuk mengetahui sedikit info tentang Protein yang ada dalam bahan pangan, anda dapat membaca artikel dengan judul serupa di tautan INI. 

Sebuah penelitian study yang di lakukan di Universitas Johns Hopkins menemukan fakta bahwa diet dimana seperempat kebutuhan kalorinya berasal dari sumber protein tanpa lemak dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol dan lemak darah lebih baik daripada diet karbohidrat tradisional. Selain itu, penelitian ini juga menemukan fakta bahwa diet kaya protein dapat mencegah obesitas, osteoporis dan diabetes.

kekuatan proteinbagi tubuhAda kabar yang mengatakan kalau bahwa protein yang diserap tubuh tidak bisa dirubah menjadi energi begitu saja. Sehingga seseorang yang melakukan diet rendah karbohidrat akan terpaksa menggunakan sebagian kecil asam amino untuk mendapatkan kalori yang di butuhkan tubuh. Aktivitas ini akan mengurangi fungsi utamanya sebagai bahan pembangun tubuh juga fungsinya untuk memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak. Selain itu, pembakaran protein sebagai sumber energi juga akan memperbesar resiko terjadinya dehidrasi akibat dari adanya produk samping berupa nitrogen yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh melalui urine..~ Pendapat ini ada benarnya. Secara protein bukanlah sumber energi yang langsung bisa di gunakan oleh tubuh. Kemampuan Protein sebagai sumber energi baru akan terpakai jika simpanan karbohidrat dan lemak dalam tubuh sudah habis atau kadar lemak dan karbohidrat dalam tubuh sudah tidak mampu lagi menghasilkan energi yang di butuhkan tubuh.

Tapi biasanya kondisi ini akan di alami oleh para atlet/olahragawan yang membutuhkan sumber energi yang sangat besar untuk melakukan aktivitasnya. Sedangkan untuk kita, yang hanya melakukan aktivitas ala kadarnya sepertinya tidak akan terpengaruh oleh kondisi itu.  Karena dalam setiap bahan makanan tinggi protein yang kita makan ada juga kandungan karbohidratnya namun dalam jumlah yang sangat kecil. oleh karena itu, Diet protein dapat menjadi senjata rahasia untuk menurunkan berat badan. Prinsipnya hanya satu, yaitu memaksa tubuh menggunakan simpanan lemak dan karbohidratnya untuk mendapatkan kalori tanpa harus menambah simpanannya.

Berikut ini resep diet tinggi protein untuk menurunkan berat badan:

Sarapan: Segelas susu rendah kemak dan 2butir telur rebus/ semangkuk sereal gandum
Makan siang: Berbahagi jenis sayuran yang di rebus/di kukus, daging yang di rebus/ di kukus/di panggang, tempe/tahu tapi tanpa nasi
Makan malam: Berbagai jenis sayuran yang di rebus/di kukus, buah2an rendah karbohidrat, dan telur rebus dan tetap tanpa nasi

Percayalah, dalam waktu 1 minggu jika anda menjalankan diet tersebut secara teratur dan di iringi olehraga secukupnya, berat badan anda akan turun. Silahkan mencoba! Semoga bermanfaat.

Bagikan :
Home
loading...