Cara membuat Tahu ala @mayzulaikha

Cara membuat Tahu ala @mayzulaikha. Judulnya,  ~Sharing is caring dan Sibuk adalah kata lain untuk menutupi rasa malas..~ Padahal... ya begitulah. Tapi kali ini, dalam suasana santai, tanpa tekanan dan tanpa tuntutan, saya ingin berbagi suatu resep sehat ala @mayZulaikha yang sederhana tapi bersahaja dan yang pasti Higienis pake banget. Yaitu cara membuat tahu yang paling sangat sederhana, murah tapi lezat.  Resep ini saya peroleh ketika sedang mencari resep makanan yang bisa menurukan berat badan, karena jujur saja ~bukan jujur kacang ijo~ saya sedang mengalami masalah berat badan yang kini telah menjadi dilema. Semua di karenakan saya sangat hobby makan tapi males olahraga. Kerja sehari-hari hanya duduk depan lappy sambil berkonsultasi gratis dengan  Sohib kesayangan @kayella

Ide dasar dari resep itu adalah #diet_rendah_kalori, salah satunya dengan tahu. Setelah mengubek-ubek mbak google tapi tidak mendapatkan resep cara bikin tahu yang sederhana dan tidak ribet, dengan ingredient yang mudah di dapat, akhirnya dengan terpaksa saya harus membuka-buka kembali Text book masa kuliah dulu yang berjudul KIMIA PANGAN & GIZI karya F.G Winarno. Dalam buku itu disebutkan, bahwa prinsip dasar pembuatan tahu adalah penggumpalan protein kedelai oleh asam dengan bantuan panas.  Untuk mengetahui bahan apa yang digunakan untuk menggupalkan susu kedelai, maka saya bertanya pada pembuat tahu langganan adiksaya. Menurut informasi yang saya dengan dari pembuat tahu tersebut, untuk bisa menggumpal, susu kedelai harus di campur dengan Sioko/sekko dulu. Jika anda tahu apa itu Sioko atau Sekko, anda pasti berpikir ulang untuk membeli tahu buatannya. Tapi saya tidak akan menyarankan anda untuk melakukan itu, hanya karena bahan tambahan untuk pembuat tahu adalah sejenis bahan yang sama yang di gaunakan untuk industri kimia, bukan berarti itu berbahaya bagi kesehatan (tergantung kosentrasi pemakaiannya). Karena kalau iya, pasti depkes sudah melarang penggunaan barang tersebut.

tahu11

Berdasarkan pengetahuan tentang prinsip pembuatan tahu, maka saya mulai berpikir, menganalisa dan mempertimbangkan untuk membuat tahu sendiri. Kebetulan adik saya mempunyai banyak stok kedelai di gudangnya, jadi di mulailah eksperimen tidak berbahaya ini dengan hasil yang sungguh di luar dugaan. Tahu yang saya buat setelah di lakukan uji organoleptik oleh orang-orang di sekitar memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • tidak bau asap
  • tekstur lebih halus dan tidak kenyal

Ingin tahu caranya? Tidak masalah, saya sangat suka berbagi, selama ini tidak melanggar hukum dan hak azazi manusia.. #just_kidding. Jika anda berniat mencoba membuat tahu seperti yang telah saya praktekkan, resepnya adalah sebagai berikut:

Resep Cara Membuat Tahu ala @mayzulaikha

1. Bahan yang di butuhkan:

  • Kedelai sebanyak 500gr/ 1/2 kg
  • Cuka makan  (asam asetat 5%) 1 botol (100ml)
  • Air 6 liter untuk pembuatan susu kedele dan secukupnya untuk cuci/bilas kedelai

1. Alat yang dibutuhkan:

  • Panci berkapasitas 7 liter
  • Blendder
  • Baskom
  • Baskom berlubang jarang-jarang
  • Saringan santan
  • Kain saring
  • Sendok sayur
  • Benda berat untuk pemberat

3. Cara membuat tahu ala @amayzulaikha tahu1

  1. Cuci bersih kedelai lalu rendam selama 6-7 jam
  2. Remas-remas kedelai yang telah mengembang agar kulit arinya terkelupas. Lalu cuci bersih dan tiriskan
  3. Panaskan 1 liter  airhingga mendidih, fungsinya adalah untuk menghilangkan bau langu pada kedelai
  4. Siapkan baskom tahan panas, masukan kedelai kedalamnya lalu siram dengan air panas. Aduk-aduk sebentar, lalu tambahkan air dingin sebanyak 1 liter.
  5. Blender campuran air dan kedelai tadi hingga menjadi bubur yang sangat halus.
  6. Tuang bubur kedelai kedalam panci, tambahkan 3 liter air kedalamnya lalu panaskan dengan api sedang sambil sesekali diaduk agar bagian dasar tidak berkerak.
  7. Setelah bubur mendidih, siram dengan dengan air dingin sebanyak 1 liter. Lalu matikan api.
  8. Saring bubur kedelai dengan saringan santan tahan panas, tekan-tekan menggunakan sendok hingga semua susu kedelai keluar dari ampasnya.
  9. Panaskan susu kedelai hingga mendidih, lalu matikan api.
  10. Siramkan 1 botol cuka meja 5% kedalam susu kedelai, lalu aduk perlahan hingga semua susu kedelai yang berwarna putih menggumpal dan terpisah dari airnya.
  11. Siapkan keranjang yang di lapisi kain saring, lalu tuang gumpalan susu kedelai keatas kain saring tersebut. Lipat sisa kain sedemikian rupa dan letakan pemberat diatasnya kurang lebih selama 15 menit agar air yang masih ada dalam saringan keluar semua.
  12. Setelah itu buka kain saring dan angin-anginkan tahu agar dingin.
  13. Setelah dingin, pindahkan tahu ke talenan, potong sesuai keinginan lalu simpan dalam baskom berisi air yang sudah masak.
  14. Tahu telah jadi dan siap untuk di makan mentah atau di masak sesuai selera.

Bagi yang berminat silahkan mencoba, di jamin anda akan lebih menikmati tahu buatan anda daripada tahu yang ada beli dari luar sana. Oh ya, jangan buang ampas tahu karena bisa di olah menjadi tempe gembos. Resep cara membuat tempe gembos ala @mayzulaikha akan di tulis di artikel terpisah. Untuk mengetahuinya, tetaplah setia menantikan update annya di blog dan FP yang sama.

Bagikan :
Home
loading...